Coding Mum Surabaya


Rek ayo rek belajar Bahasa coding!!

Senang dan bangga ketika diterima coding mum pada tahun 2016, menjadi bagian dari ibu-ibu belajar coding. Harapan dan keinginan saya terkabulkan melalui program ini, meskipun pekerjaan saya sehari-hari sebagai dosen di Prodi. Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, saya belum mengenal bahasa coding tetapi ada jiwa wirausaha dalam diri yang ingin saya bagi dengan para ibu-ibu rumah tangga lainnya karena mereka juga berhak untuk belajar. Seringkali melihat katalog yang ada di website kemudian muncul pemikiran “Bagaimana membuat seperti itu ya? kemudian bersama ibu-ibu memanfaatkan website untuk tambahan pendapatan keluarga, melalui handphone smartphone atau android”.  Salah satu alasan saya menekuni belajar coding kedepannya adalah membantu suami mencari tambahan pendapatan keluarga, menjadi kebanggaan anak-anak bahwa ibu mereka “Coding Mum” (dapat menguasai bahasa coding kereeeen)
Bersama coding mum dan pelatih yang sabar mengajarkan coding kepada ibu-ibu selama 10 (sepuluh) hari yang notabene tidak memahami  bahasa pemrograman kami diajarkan cara membuat folder Web, menulis bahasa coding menggunakan aplikasi bracket, membuat link dan bagian yang saya suka adalah mengatur pewarnaan. Kemudian saya dapat memahami arti coding untuk merubah foto, image atau gambar.




Gambar 2. Salah satu langkah-langkah pembuatan web yang saya simpan dari 
hari pertama sampai hari kesepuluh. 




Gambar 3. Aplikasi brackets dalam membantu menulis bahasa pemrograman untuk mendesain web


Coding mum memberikan pelajaran tentang dasar-dasar pemrograman baik java, css sehingga saya lebih mantap untuk mengikuti dua pelatihan berbasis android yaitu Intel XDK dan Indonesia android kejar (sumpah kece rek!!). Keinginan saya adalah mengaplikasikan dan meyakinkan para ibu-ibu baik ibu rumah tangga maupun pekerja untuk memanfaatkan bahasa pemrograman meskipun tidak memiliki keilmuan di bidang informatika. Membuat aplikasi online berupa web melalui bahasa pemrograman coding untuk ibu-ibu yang berwirausaha, menampilkan jenis barang usahanya sehingga mampu memperluas jaringan pemasaran.




Gambar 4. Senin, 4 Desember 2017 tim Bekraf yang akan melakukan evaluasi Coding Mum 2016 bertempat di Dilo Surabaya jam 09.00 wib.


Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sistem Informasi Geografis

Menulis Blog Bikin Hidup Lebih Hidup

Pemetaan Tanpa Kertas