Suroboyo Bus Warna Kebhinekaan Indonesia

Rek.. ayo Rek.. kumpulno botol bekas
Rek.. ayo Rek.. numpak Suroboyo Bus

Kecipir di tandur nduk oro-oro, dilanjari wis dadi caramel
Ojok kuatir nglencer nang Suroboyo, onok Suroboyo bus arane

Jangan Bayem ayam bakar, disogohno dayoh enak natane
Jaman biyen narik cikar, jaman saiki Suroboyo bus tumpakane


Sepuluh botol bekas ukuran tanggung telah siap untuk menukarkan tiket Suroboyo Bus. “10 botol bekas ma sudah tak siapin, keliling Surabaya naek bus pemakan sampah.” tutur Fathan, anakku yang menginjak usia 5,5 tahun.




Terminal Purabaya, pemberangkatan Suroboyo Bus di pintu keluar terminal

Foto : Koleksi Pribadi

Suroboyo Bus satu-satunya bus di Indonesia yang berbeda dengan bus lainnya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya memiliki bus tersebut yang pembayarannya dengan cara setor sampah. Suroboyo bus juga telah mendunia, sebagai alat transportasi para peserta 7th UCLG ASPAC CONGRESS pada tanggal 12-15 September 2018. Peserta keliling Surabaya kemudian berfoto ria, mengupload foto pada saat menggunakan Suroboyo bus, hal tersebut salah satu cara mempromosikan Suroboyo Bus kepada dunia.

       Suroboyo Bus merupakan bus kebanggaan Kota Surabaya, mulai beroperasi pada tanggal 7 April 2018 dan diresmikan langsung oleh Ibu Wali Kota Surabaya Ibu Tri Rismaharini. Desain bus menarik, kaca lebih lebar, tempat duduk sangat nyaman bagi penumpang cocok sebagai transportasi massal daerah perkotaan.
        Uniknya pembayaran tiket dengan cara setor sampah terdiri dari 10 gelas air mineral, 3 botol besar, 5 botol ukuran tanggung, selain itu tas plastik atau kresek juga dapat ditukarkan. Pengumpulan dan penukarannya melalui bank sampah yang ada di terminal Purabaya atau drop box halte. Kartu setor sampah hanya ada di terminal purabaya jadi sebaiknya kumpulkan sampah untuk pembayaran sebanyak-banyaknya jadi kita bisa sewaktu-waktu memanfaatkan transportasi massal tersebut dari halte terdekat tanpa harus melalui terminal purbaya.

Cara penukaran Tiket Suroboyo Bus

Sampah yang ditukar dengan kartu setor sampah akan mendapatkan satu stiker sesuai ketentuan untuk ditunjukkan kepada petugas di dalam bus, untuk mendapatkan e tiket.

1. How to use (Bagaimana menggunakan bis)
Siapa saja yang boleh naik Suroboyo bus? Tentu saja semua kalangan mulai dari balita, anak-anak, dewasa sampai lanjut usia baik laki-laki maupun perempuan, ibu hamil, teman-teman disabilitas juga bisa. Kalangan yang mampu maupun tidak mampu sama-sama tidak berbeda, pembayaran menggunakan sampah plastik.
 



Tahapan mendapat Kartu Setor Sampah

Cara pembayaran sangat mudah menggunakan sampah plastik, hal tersebut mengedukasi kepada masyarakat mengurangi sampah plastik di lingkungan sekitar, selain itu Suroboyo bus merupakan transportasi massal dengan harapan mengatasi kemacetan Kota Surabaya. Persyaratan membuat kartu setor sampah cukup dengan KTP, 1 stamp untuk 1 karcis. Petugas memberi satu karcis yang dapat digunakan satu kali perjalanan atau lebih sesuai batas waktu yang tertera di karcis. Terminal Purabaya dan Rajawali sebagai tempat penyetor Sampah dalam jumlah banyak.
       Rute yang dilalui Suroboyo Bus melalui 2 rute yaitu Rute Rajawali – Purbaya dan sebaliknya, beroperasi mulai pukul 06.00-22.00 WIB.



Rute Suroboyo Bus
Foto : Koleksi Pribadi

Berikut rute Purabaya menuju Rajawali :
Halte Purabaya – Halte Dukuh Menanggal – Halte Siwalankerto – Halte Taman Pelangi – Halte RS Bhayangkara – Halte UBHARA – Halte Pusvetma – Halte Wonokromo – Halte Joyoboyo – Halte Museum BI – Halte Rumah Sakit Darmo – Halte Pandegiling – Halte Basra – Halte Kaliasin – Halte Embong Malang – Halte Blauran – Halte Pringadi – Halte Pasar Turi – Halte Masjid Kemayoran – Halte Indrapura – Halte Rajawali.
 
Halte Suroboyo Bus sudah ditentukan jadi tidak berhenti di semua halte di Surabaya. Setiap halte juga difasilitasi tempat penampungan sampah, sewaktu-waktu dapat menaiki Suroboyo Bus di halte itu.

Rute Rajawali - Purabaya : Halte Rajawali - Halte Jembatan Merah - Halte Veteran - Halte Tugu Pahlawan - Halte Alun Alun Contong – Halte Siola - Halte Tunjungan - Halte Simpang Dukuh - Halte Gubernur Suryo - Halte Pangsud - Halte Sono Kembang - Halte Urip Sumoharjo - Halte Pandigiling - Halte Mojopahit - Halte Darmo - Halte Marmoyo - Halte Joyoboyo - Halte RSAL - Halte Margorejo - Halte UIN - Halte Siwalankerto - Halte Kerto Menanggal - Terminal Purabaya.

2. Fasilitas
Fasilitas Suroboyo Bus memiliki banyak kemudahan untuk semua kalangan khususnya lansia, disabilitas dan ibu hamil hal tersebut merupakan bentuk penyamarataan fasilitas penumpang.

a. Pintu masuk dan keluar
Suroboyo Bus memiliki 3 pintu yang terdiri dari : 2 pintu utama dan 1 pintu untuk keadaan darurat. Pintu pertama berupa 1 pintu berada di samping, bagian depan bus yang dapat dilewati 1 penumpang. Pintu yang kedua berada di samping tengah bus, lebih lebar sehingga dapat dilewati 2 penumpang, kelebihan pintu kedua otomatis membuka dan menutup pintu.

Pintu ketiga adalah pintu darurat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan berada di tengah bagian samping bus sebelah kanan. Pintu darurat tersebut persis bersebelahan dengan area disabilitas. Posisi tersebut menunjukkan bahwa penumpang disabilitas prioritas utama dan tanpa melalui pintu pertama dan kedua dapat menyelamatkan diri jika kondisi tidak memungkinkan.

Masing-masing pintu memiliki pegangan tidak khawatir jatuh ketika menaiki atau turun dari bus. Pintu bus juga tidak terlalu tinggi jadi memang cocok untuk siapa saja.
Fasilitas Pintu Suroboyo Bus

b. CCTV dan area kendali Sopir Bus
Banyak tombol dan alat di kemudi sopir bus tentunya semua berfungsi dengan baik. Perhatian saya tertuju pada televisi kecil untuk memonitor CCTV, terdapat 9 kamera CCTV yang terpasang di Suroboyo bus baik di luar maupun di dalam bis, sehingga gerak gerik penumpang yang mencurigakan dapat diawasi, jadi penumpang tenang selama perjalanan.
Fasilitas CCTV Suroboyo Bus

c. Pelayanan
Kartu setor sampah ditukarkan e-tiket berupa karcis pada saat di dalam bus. Karcis atau struk ini jangan sampai hilang karena sebelum pemberhentian bus akan dilakukan scan tiket terlebih dahulu. Uniknya lagi sebelum halte pemberhentian, dan sesudahnya akan diinformasikan dalam 3 bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Suroboyoan kerenkaaan.. boso Suroboyoan contone ngene : “Maringene mandek ndek Halte Darmo”. Tidak perlu khawatir deh, ada layar televisi di dalam bus yang selalu memberikan informasi nama-nama halte.
Layar tv di dalam Bus
Foto : Koleksi Pribadi

d. Area Bus


Info Kursi Suroboyo Bus
Sumber : https://www.instagram.com/p/Bn-TqpNHnqL/?taken-by=suroboyobus

Kursi penumpang bus dibedakan berdasarkan warna kursi. Kursi oranye bebas siapa saja boleh menduduki, area kursi pink untuk wanita, kursi warna merah untuk prioritas seperti wanita hamil, ibu menyusui. Kursi difabel juga berada di area khusus.


Mesin Bus terdiri dari 2 mesin bagian depan dan belakang, terlihat rapi dan aman.

Area Mesin berada di depan bus dan belakang

e. Fasilitas lain dan tanda peringatan
Tanda peringatan yang ada di Suroboyo Bus seperti area dilarang berdiri, area khusus wanita, selain itu terdapat fasilitas AC, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan martil alat pemecah kaca. Peringatan lain selama di dalam bus dilarang merokok, makan dan minum, membuang sampah pada tempatnya.
Tanda di dalam Bus Suroboyo



Lokasi pemberhentian terakhir Suroboyo Bus

Pemberhentian terakhir dengan bus pemakan sampah (istilah Fathan:anak dari penulis blog), yaitu terminal Purabaya. Selama 2 jam perjalanan kami merasa puas dan senang, serta nyaman di dalam bus ditemani 2 petugas yang sigap selalu membantu penumpang. Kami menikmati perjalanan, selain itu saya menceritakan tentang Surabaya setiap melewati kawasan budaya maupun cagar budaya seperti kawasan Darmo, Tugu Pahlawan, kawasan perdagangan jasa Tunjungan Plaza, Siola, Kawasan Kota lama Surabaya, Taman Bungkul.

GO BIS Suroboyo Bus APK merupakan aplikasi gratis dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya untuk memperoleh informasi real time lokasi Suroboyo bus dilengkapi peta digital dapat diunduh melalui play store.


                 Aplikasi Go Bis

Keutamaan Suroboyo Bus

Soto Ambengan mbarek roti kukus Rujak Cingur Uenak petise
Sopo numpak Suroboyo Bus Ojok lali botol plastike


Suroboyo bus merupakan ciri dan contoh kebhinekaan Indonesia, artinya penumpang dengan bekal sampah dari berbeda kalangan baik pelajar, muda, tua, kaya dan miskin, suku, agama, disabilitas serta dari manapun diterima oleh Suroboyo Bus.

Tuku lonthong nang Wonokromo mbarek wak Gus
Gak mek ngomonge thok, bukti nyotone wes onok Suroboyo Bus
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sistem Informasi Geografis

Menulis Blog Bikin Hidup Lebih Hidup